Penyakit Embun Jelaga Pada Tanaman Jeruk Pamelo




Salah satu kendala yang sering ditemui oleh petani jeruk pamelo madu adalah tanaman jeruk pamelo madu mereka tidak produktif atau mogok berbuah padahal sebelumnya tanaman yang mereka tanam sangat produktif, dan sangat subur. Tak pelak sebagian petani mengeluh dan frustasi jika tanaman yang mereka tanam mengalami kondisi yang demikian.
Baca Juga : Penyakit Blendok Pada Tanaman Jeruk Pamelo

Mustain salah satu petani jeruk pamelo di desa Bageng mengungkapkan jika tanaman yang dia tanam berhenti berbuah saat ada sejenis kutu putih yang menyerang tanamanya, kutu putih tersebut biasanya membuat sarang pada ujung tunas dan daun muda. tetapi yang lebih menyebalkan adalah kutu putih tersebut meninggalkan seperti kotoran hitam yang menutupi semua permukaan daun, akibatnya daun pada tanaman terlihat hitam legam seperti dilapisi arang.

"tanaman jeruk pamelo saya awalnya berbuah banyak, tapi setelah ada kutu putih menyerang dan juga meninggalkan kotoran hitam, tanaman jeruk pamelo saya jadi tidak mau tumbuh tunas baru dan tidak mau berbuah lagi " ujar pria yang sudah lebih dari 20 tahun menanam jeruk pamelo ini.



Riduwantoro,S.P Seorang Formulator Obat Pertanian di Pati menuturkan penyakit seperti ini adalah penyakit Embun Jelaga.

Penyakit Embun jelaga ini disebabkan oleh kapang capnodium sp. sejenis jamur yang tumbuh pada tanaman dan membentuk koloni berwarna hitam.

Baca Juga : Varietas Jeruk Baru RED PAMELO RUBY

Gejalanya bisa dilihat pada permukaan daun yang berwarna hitam. tanaman yang terserang biasanya tidak langsung mati melainkan akan terganggu proses fotosintesisnya, dan berakibat mengganggu produktifitas tanaman jeruk pamelo madu atau tanaman lainya yang terserang.





Cara mengatasinya cukup mudah, yaitu dengan cara menyemprot tanaman dengan fungisida yang bekerja secara kontak atau sistemik pada semua permukaan tanaman.
Penyemprotan dilakukan 3 kali dengan interval satu minggu. setelah penyemprotan ke 3 biasanya embun Jelaga akan mati, ditandai dengan munculnya tunas baru yang bersih tidak terinfeksi embun jelaga yang berwarna hitam.

Klik Disini Untuk Pembelian Fungisida Pembasmi Embun Jelaga

Tapi perlu diingat juga, embun jelaga ini biasanya di bawa oleh fektor utama yakni sejenis trips atau serangga kecil yang hinggap dari tanaman yang terserang ke tanaman yang masih sehat, jadi perlu juga untuk membasmi fektor pembawa bibit penyakit embun jelaga ini.


Simak Video Dibawah ini





Post a Comment

Previous Post Next Post